Thailand bakal kirim durian ke luar angkasa, ini tujuannya

Durian gajah.

awanqq.comBadan riset antariksa Thailand atau Geo-Informatics and Space Technology Development Agency (GISTDA) baru-baru ini mengumumkan rencana mengirimkan durian ke luar Bumi pada Juli 2018. Durian yang terkenal karena baunya adalah buah tropis berasal dari Asia Tenggara.

Pengiriman buah berjuluk ‘King of Fruit’ itu dilakukan sebagai bagian dari proyek yang bertujuan untuk memproduksi makanan Thailand yang cocok untuk perjalanan angkasa luar pada masa depan, di sinyalir oleh RajaIDR

Durian yang telah dikupas dari kulitnya dan dipanggang akan berada di angkasa luar selama lima menit sebelum akhirnya kembali ke Bumi. Para ilmuwan akan melihat apakah tekstur buah tersebut akan berubah dalam kondisi hampa udara dan jauh dari planet manusia.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (1/6), media Thailand melaporkan, durian akan diluncurkan menggunakan roket buatan perusahaan Amerika Serikat.

Thailand saat ini belum masuk dalam ‘daftar elite’ negara-negara penjelajah antariksa, namun Negeri Gajah Putih ingin memastikan katering atau penyediaan makanan akan jadi bisnis masa depan di luar Bumi.

“Tujuan utama kami adalah membawa makanan Thailand ke angkasa luar untuk dikonsumsi para astronot,” demikian menurut juru bicara GISTDA kepada BBC.

“Sebagai permulaan, kami memilih durian, yang adalah raja buah di Thailand. Kami ingin mengirimkannya ke atmosfer, pada ketinggian yang sama di mana astronot tinggal, kemudian membawanya kembali untuk dianalisis apakah ada perubahan pada teksturnya.”

Jika proyek tersebut berhasil, satu demi satu makanan Thailand yang populer akan dibawa ke luar angkasa untuk diuji, dari pad Thai hingga ketan mangga atau mango sticky rice.

Durian jadi favorit orang Thailand. Buah itu juga bisa ditemukan di Malaysia, Indonesia, dan Vietnam.

Bau durian sangat kuat, sampai-sampai keberadaannya ‘diharamkan’ di transportasi umum dan ruang tertutup lainnya.

Durian bukan satu-satunya makanan tradisional yang dikirim ke angkasa luar. Pada 2008, astronot Korea membawa kimchi, sawi yang difermentasi ke luar Bumi.

Durian adalah tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Ia juga punya julukan lain, yakni raja buah (King of Fruit).

Seperti namanya, durian memiliki duri tajam di kulit. Dan tak ada buah yang sekontroversial durian.

Ada orang yang tergila-gila dengan aroma dan rasanya. Di sisi lain, tak sedikit yang merasa muak akan kehadirannya dan merasa baunya mirip telur busuk. Durian masuk daftar buah aneh di luar Asia Tenggara.

Seperti dikutip dari Scientific American, durian dilarang masuk sejumlah hotel. Aromanya dikhawatirkan mengganggu para tamu.

“Nafas akan berbau seakan-akan Anda telah mencium nenek Anda yang sudah tiada,” kata Anthony Bourdain saat mendeskripsikan durian.

Namun, pakar kuliner asal Amerika Serikat itu mengaku penggemar durian.

Sementara, Lindsay Gasik, seorang petualang, mendeskripsikan durian seperti makanan penutup creme brulee atau puding dengan saus karamel yang tumbuh di pohon.

Ternyata, bau durian dipicu sulfur volatil (VCS) yang dihasilkan gen metionin gamma lyases yang kian meningkat seiring kematangan buah.

 

BACA BERITA LAIN CLICK DI BAWAH INI !

Rencana mogok pilot Garuda Indonesia diharapkan tak ganggu arus mudik

 

Daftarkan diri anda untuk bermain Agen Poker Terpercaya
di www.ratuidr.com – www.ratuidr.net   dengan minimal Deposit Rp, 20.000 dan Withdraw hanya Rp, 25.000.- Hanya di http://dewaidr.com
Dengan kemenangan yang jelas terlihat di Stats Depo/WD Pada laman RAJAIDR
      Contact Me :

Facebook Comments

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Copyrights © 2010 awanqq.com All Rights Reserved         Content Protection by DMCA.com         Best viewed in 1024 x 768 resolution Frontier Theme